map

Thursday, February 12, 2009

Kelemahan dan Keunggulan Blackberry curve 8900 (javelin)


Anda tentu pernah mendengar nama BlackBerry Javelin. Ya, ponsel terbaru RIM ini akan segera mendatangi berbagai tempat di belahan dunia sebagai kompetitor utama produk ponsel bisnis. Ditahbiskan sebagai Curve 8900, ponsel ini akan menggantikan seri 8300 yang sangat sukses dengan ukuran yang pas di genggaman. Saingan keras diperkirakan akan datang dari produk terbaru Nokia Eseries, E71, E66, dan upcoming E63.

Sepintas Anda akan mengatakan bahwa Javelin ini sangat mirip dengan pendahulunya, BlackBerry Bold. Betul, Javelin dan Bold memiliki form factor yang hampir sama, begitu juga dengan User Interface-nya. Memang keduanya menggunakan BB OS versi terbaru, yaitu 4.6 (Javelin lebih advance keluarannya).


Kelebihan dan Kekurangan Javelin


Apa sebenarnya kelebihan Javelin dibanding Bold? Selain bentuknya yang lebih kecil, Javelin juga memiliki RAM yang 2 kali lebih besar (256 vs 128 MB), keypad yang penataannya lebih nyaman, kualitas hasil kamera yang lebih bagus, serta firmware yang–katanya–lebih stabil.

Meskipun demikian, Javelin juga memiliki “kekurangan”, di antaranya adalah ketidaksediaan fitur 3G (hanya menggunakan GPRS dan EDGE), kecepatan prosesor yang lebih lambat dibanding Bold, dan kemasan belakang (back cover) yang mewah ala Bold. RIM sebagai pembuat BlackBerry tentunya tidak ingin ada proses “saling membunuh” di antara ponsel-ponsel buatannya. Diferensiasi dalam hal ini tetap diperlukan.

Javelin di Indonesia?

Jadi kapan Javelin benar-benar diluncurkan? Beberapa situs gadget di luar sudah melansir berita bahwa Javelin akan segera (baca: Desember) diluncurkan di kawasan Eropa. Dan karena teman saya yang kebetulan bekerja di suatu operator GSM sedang melakukan testing terhadap Javelin, saya yakin bahwa selambat-lambatnya ponsel ini akan mulai ditawarkan pada akhir Januari (atau mungkin awal Februari) tahun depan. Bagaimana dengan harga? Saya yakin harganya tidak akan lebih mahal dari Bold, nantinya. Dengan segmentasi sebagai pengganti Curve seri 8300, seharusnya harga 6 jutaan adalah harga yang “cukup pas”.

Apakah BlackBerry Javelin cukup menarik untuk menguras kantong Anda?

No comments: